Sabtu, 14 November 2015

Awan-Awan Bermain Bentuk Layaknya UFO

Ada fenomena alam yang spektakular altocumulus lenticularis, yang lebih dikenal sebagai ‘awan lentikularis’. Awan ini seringnya terbentuk di atas barisan pegunungan, ketika udara bertemu barisan pegunungan ini, udara pun naik ke atas.
Un-nuage-lenticulaire-au-dessus-d-un-volcan (2)


Jika masa udara stabil, udara akan turun dan naik secara tetap seperti tercurah  untuk membentuk sebuah sirkulasi gelombang stasioner. Bentuk bundar awan seperti itu kerap menipu mereka yang merasa ingin tahu dan mendekat, dan menyangka bentuk itu adalah pesawat angkasa luar.
Kadang-kadang awan yang bermain-main dalam bentuk itu kerap membuat orang meyakini sudah melihat UFO dan menjadi saksi dia sudah melihat UFO dengan segala sumpah matinya.
Un-nuage-lenticulaire-au-dessus-d-un-volcan (5)



Fotografer Vladimit Voychuk, yang menghasilkan gambar-gambar yang ditampilkan di sini, menjelaskan kepada Daily Mail bahwa bukan kali pertama dia merenungi bentuk-bentuk awan seperti itu di di atas pegunungan  atau gunung berapi yang dia kunjungi.
Un-nuage-lenticulaire-au-dessus-d-un-volcan (4)



Meski dia kerap menjumpai awan seperti itu, dia tidak selalu berhasil memotret awan-awan ajaib itu.
Cukup jarang saya berhasil merekam awan-awan seperti itu karena mereka tidak saja dibentuk oleh uap, tetapi juga dibentuk oleh asap gunung berapi yang aktif,”katanya.
Un-nuage-lenticulaire-au-dessus-d-un-volcan (3)





.........http://pewartayogya.com.........

0 komentar:

Posting Komentar

ŀ